Cara Penulisan Paper yang baik

Cara Penulisan Paper yang baik

by Sugi

Pola
Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa setiap paper harus mempunyai pola dasar. Tujuannya adalah untuk membantu saudara dalam mencakup semua point-point yang penting. Ada Sembilan dasar yaitu:
1. Judul, nama penulis, mata pelajaran/kuliah, dan tanggal membuat.
2. a. pengantar atau perkenalan atau pendahuluan
b. logika penalaran
3. maksud dan tujuan dari paper
4. pembicaraan point-point penting
5. panjang makalah
6. bahasa
7. catatan kaki
8. point lain yang berguna
Sekarang mari kita melihat bagian-bagian ini dengan lebih seksama.
1. Judul
Judul adalah bagian yang penting dari paper, karena member tahu pembaca tentang apa yang akan saudara tulis; untuk ada paper itu (yaitu mata kuliah apa); nama saudara sehingga paper itu tidak hilang serta tanggal yang juga menjaga supaya tidak hilang.
2. a. pengantar atau Pendahuluan
Disini saudara harus memberi tahu pembaca tentang beberapa latar belakang dari apa yang akan saudara tulis. Misalnya saudara mau membicarakan tentang peranan militer dalam perkembangan politik, maka dalam bagian ini saudara pertama-tama harus membicarakan problem-problem umum dari peranan militer di Negara-negara yang sedang berkembang. Hal ini dapat meliputi topic seperti “Mengapa militer ahli dalam pemerintahan dan mengapa di Negara-negara yang sedang berkembang militerlah satu-satunya golongan yang mampu menjalankan pemerintahan”. Dalam pengantar umum ini saudara dapat mengambil contoh dari sejumlah Negara. Maksud dari pengantar ini adalah member tahu dengan cepat beberapa point penting tentang topic ini. Jika saudara ingin menulis tentang efisiensi pemerintah modern, saudara pertama-tama harus memulai paper saudara dengan membacakan perbedaan antara pemerintah yang efisien dan pemerintah yang kurang efisien dan mungkin juga membicarakan problem birokrasi umum.
Dalam setiap masalah, tidak perduli apa yang menjadi subyek dari paper saudara, pengantar harus member tahu pembaca tentang latar belakang umum dari paper saudara.
Saudara jangan membuat pengantar yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Jika pengantar terlalu pendek mungkin saudara tidak member informasi yang cukup kepada pembaca, sedang jika pengantar terlalu panjang, saudara membuang waktu saudara dan waktu pembaca secara tidak sesuai dengan sisa dari paper. Misalnya, jika saudara menulis paper kiara-kira sepanjang 10–15 halaman, biasanya pengantar sepanjang 1-2 halaman.
b. logika penalaran
Komponen-komponen dalam sauatu penulisan kalau disajikan sebagai makalah, perlu dirangkaikan dalam suatu jalur penalaran yang logis.
Mula-mula penulis tertarik pada salah satu gejala social di atas. Ia ingin menelitinya. Ia memformulasikan atau merumuskan alasan mengapa ia ingin menelitinya dan apa guna penelitiannya nanti. Ini semua di tulis dalam Latar Belakang Masalah. Terutama dalam ilmu perilaku dan social, hamper tidak ada masalah yang berdiri sendiri. Setiap masalah hamper selalu berkaitan dengan masalah atau gejala lain. Maka, masalah-masalah lain yang tidak di teliti tetapi berkaitan dengan masalah yang akan di teliti perlu diuraikan dalam Identifikasi Masalah. Selanjutnya, agar masalah menjadi jelas dan dapat dipahami orang lain, serta terpusat, maka perlu dirumuskan dalam Rumusan Masalah.
Masalah yang telah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan perlu dicarikan jawabannya. Untuk menjawab pertanyaan perlu memperoleh informasi yang berkaitan sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya dari ilmuwan-ilmuwan lain. Informasi demikian dapat diperoleh melalui Kajian Teori, termasuk batasan-batasan pengertian. Selanjutnya informasi yang telah diperoleh ini dimanfaatkan untuk penalaran dalam usaha menjawab pertanyaan tadi, yang pada dasarnya adalah penelitian itu sendiri. Jawaban (sementara) tentang masalah penelitian tadi dirumuskan dalam Hipotesis.
Hipotesis yang telah dirumuskan perlu diferifikasi dengan metode ilmiah. Sebelum turun kelapangan semua langkah harus direncanakan terlebih dahulu. Sampling mencakup penentuan populasi dan cara pengambilan sampelnya. Teknik Pengumpulan Data dan Instrument mencakup perian tentang bagaimana data diperoleh dan penyusunan, serta uji coba instrument. Teknik Analisis Data memberikan semua langkah yang akan diambil setelah data berhasil dikumpulkan, termasuk pengujian asumsi, dan pengujian hipotesis.
Bab satu, dua, dan tiga hampir sama dengan usulan penelitian yang telah dibuat terlebih dahulu. Setelah ini semua selesai barulah kelapangan untuk memperoleh data, diteruskan dengan analisisnya seperti telah direncanakan dalam bab tiga. Bab empat memuat Perian Data (biasanya dalam uraian diskriptif), hasil Pengujian Asumsi, hasil Pengujian Hipotesis, dan Penemuan-penemuan Lain yang dianggap penting tetapi tidak di –hipotesiskan.
Kesimpulan, Implikasi, dan Saran dalam bab tiga harus dapat mencakup dua hal, yaitu tentang penemuan atau penghalusan teori (dalam bidang ilmu), dan tentang hal-hal praktek atau teknologinya. Dalam Kesimpulan kadang-kadang perlu disebutkan lagi keterbatasan dan kelemahan penelitian, terutama yang tidak dapat di hindari atau yang tidak disengaja.
Logika Penalaran yang disingkat diatas pada dasarnya berlaku untuk Penulisan Laporan Penelitian, baik Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, maupun artikel jurnal. Perbedannya terutama terlatek pada panjang pendeknya dan jenis rinciannya.
3. Maksud dan tujuan paper
Dalam bagian ini saudara ingin mengatakan masalah yang dibicarakn dalam paper. Di sini saudara memusatkan pada pembicaraan, menjelaskan point-point penting dari apa yang akan dibicarakan. Sangatlah pentng bahwa disini saudara menerangkan dengan jelas sehingga pembaca tahu dengan pasti apa yang akan saudara bicarakan. Ini merupakan bagian paling penting dari paper saudara, karena disini saudara member bentuk pada keseluruhan paper anda. Dengan menulis bagian ini dengan jelas saudara dapat mengontrol seberapa banyak informasi yang ingin saudara berikan. Mari kita lihat contoh di atas;
· Peranan militer dalam perkembangan politik. Anggaplah bahwa saudara ingin mengatakan bahwa militer mempunyai peranan yang penting dalam pemerintahan Negara yang sedag berkembang. Jika saudara ingin mengatakanini, saudara akan berkata seperti ini “Dalam Negara yang sedang berkembang militer mempunyai peranan penting, militer adalah satu-satunya golongan yang ahlidalam menjalankan pemerintahan sejak kemerdekaan dan mereka mempunyai keahlian dalam hal itu. Dalam paper ini saya mau memeriksa peranan militer dalam Negara…….. Untuk itu pertama-tama saya mau melihat latar belakang kemerdekaan sebelum melihat birokrasi serta kebutuhan akan militer, dan lain-lain”.
· Efisiensi pemerintahan modern. Di sini paper ditujukan untuk membicarakan cara-cara terbaik untuk meningkatakn efisiensi dalam prosedur-prosedur pemerintahan modern. Di sini saudara dapat memulainya dengan berkata “Efisiensi dan pemerintahan tidak perlu bersama”. Salah satu masalah pemerintahan sekarang adalah bahwa pemerintah terlalu besar dan tidak mampu menghadapi problem-problem pemerintah. Hal ini menyebabkan runtuhnya dinas-dinas pemerintahan yang tidak efisien, dan lain-lain.
Untuk menyingkat tujuan dari paper saudara, kemukakan problem-problem yang akan saudara bicarakan serta jelskan argument-argumen saudara dan outline dari paper saudara.
4. A. pembicaraan point-point penting
Saudara sekarang dalam posisi menulis bagian pokok paper saudara. Saudara telah menulis pengantar saudara member latar belakang umum dan kemudian telah mengatakan tujuan dan argument pokok dari paper saudara dengan jelas.
Bagaimana saudara mengembangkan paper ini tergantung pada mata kuliahnya dan cara menulis saudara. Hal yang penting adalh untuk menjaga temayang jelas dan meyakinkan bahwa argument saudara dikembangkan secara logis. Satu cara mengerjakan ini adalah menulisnya pada out-line pertama yang saudara siapkan sebelum menulis paper saudara, yakni daftar dari argument Faktor Pendukung dan Penghambat yang ingin saudara kemukakan.
Sebagai contoh, kita ambil dari dua subjek yang kita bicarakan sebelumnya: efisiensi pemerintah modern, saudara dapat membuat daftar seperti ini:
a. Argument pendukung.
i. Pemerintah yang efisien sangatlah penting bagi negara berkembang.
ii. Ini harus mempunyai tujuan yang tinggi dan memahami peranannya dengan jelas.
iii. Ini harus bebas dari korupsi dan pengaruh.
iv. Ini harus mempunyai pejabat yang terlatih dan mengabdi secara penuh.
v. Gaji harus masuk akal dan harus berdasar kepada kecakapan dan lain-lain.
b. Argument yang menentang.
i. Pemerintah cenderung menjadi autokratis.
ii. Pemerintah juga cenderung menjaditerlalu kuat apabila kekuasaannya tidak dibatasi.
iii. Pemerintah-auto birokrasi selalu menjadi terlalu banyak maka menjadi tidak efisien.
iv. Pemerintah cenderung untuk melindungi dirinya sendiri dan tidak melayani rakyat jelata.
Point-point diatas hanyalah beberapa point yang dapat saudara buat dalam bagian ini dan saudara akan menambahkan contoh pada point ini. Analisa seperti ini dapat dipakai pada setiap subjek. Hal yang penting adalah dengan memikirkan secara jelas dalam cara ini tentang paper saudara, saudara akan dapat member pembaca ide dari argument saudara secara jelas. Dalam bagian ini saudara harus menggunakan subjudul apabila ini menjadi terlalu panjang supaya saudara tidak bingung.
B. factor pendukung dan penghambat.
Factor pendukung dan penghambat sebagai variable dalam menelaah suatu masalah perlu dikemukakan sebagai sarana yang diperlukan sebagai proses pemecahan masalah. Kedua jenis factor ini merupakan titik tolak penulisan dan penalaran bab pembahasan.
Factor pendukung masing-masing sebagai pangkal tolak pemikiran harus dapat dikemukakan dalam pembahasan subjek yang dalam bab penutup muncul kembali sebagai pangkal tolak penulisan kesimpulan dan saran.
Faktor penghambat juga menjadi titik tolak pembahasan maupun penyususnan kesimpulan dan saran.
Kedua factor dengan demikian harus dipaparkan sebagai sarana dalam kerangka berfikir pemecahan masalah.
5. Panjang makalah/paper.
Panjang dari paper dapat bermacam-macam. Saudara dapat menulis 5 halaman sampai dengan 20 halaman pada akhir semester (term paper). Akhirnya saudara akan menulis skripsi kurng lebih 100 halaman. Tetapi dalam semua hal, kerangka yang sama harus digunakan tidak peduli harus berapa panjang paper saudara. Ingatlah bahwa paper panjang yang ditulis dengan tidak baik akan mengurangi nilai daripada paper yang jelas, pendek dan terencana secara bagus. Satu segi dari seni menulis dengan jelas dan pendek tapi disegi lain kualitas harus ada, tetapi ini sangat sulit. Penulis-penulis terpbaik pada surak khabar biasanya penulis tajuk rencana karena mereka hanya memiliki 300-400 kata untuk menyatakan issue yang kompleks.
6. Bahasa.
Jagalah supaya bahasa saudara sederhana dan mengena pada isinya. Gunakan tata bahasa yang benar dan tulislah dengan jelas, tulisan tangan yang jelek mengurangi nilai saudara sedangkan yang rapi akan kelihatan lebih menarik (walaupun isinya mungkin tidak begitu bagus). Pada akhirnya ingatlah bahwa satu hal yang penting adalah kejelasan dan “ekspresi yang logis” (lihat bagian logika penalaran).
Contoh I
Dibawah ini adalah sebuah contoh dari paragraph yang kurang baik. Paragraph ini hanya berisiskan sebuah kalimat, dan terdapat kata-kata yang kurang penting didalamnya.
a. Sebagai usaha ke arah terjaminnyastabilitas keamanan, selama masa kampanye menghadapi pemilu yang sudah diambang pintu ini bupati KDH Magelang dalam rapat Tripida se-Kabupaten Magelang yang dihadiri oleh segenap unsur Muspida, para pembantu bupati dan pejabat-pejabat tertentu. Bupati menginstruksikan agar di daerh-daerha Kecamatan dibentuk sebuah team pencegah kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi di daerah masing-masing selama kampanye.
Cuplikan diatas dapat dikatakan dengan cara yang lebih sederhana. Kita dapat membung kata-kata yang kurang penting. Kalimay yang panjang itu dapat kita bagimenjadi beberapa kalimat pendek. Dengan demikian maksud dari penulis dapat segera dibaca dan dimengerti oleh pembaca, misalanya seperti ini;
b. Untuk menjaga supaya tetap aman selama masa kampanye Pemilu tahun 1977 ini, bupati Magelang telah menyerukan agar di setiap Kecamatan dibentuk sebuah team penjaga keamanan
7. Catatan kaki dan bibliografi.
Untuk paper akademis saudara diharapkan untuk memberikan referensi dan catatan kaki. Kedua kata ini adalah sama hanya referensi menunjuk pada buku sedangkan catatan kaki menjelaskan argument saudara atau member informasi tambahan. Keduanya harus ditulis pada bagian bawah halaman dan diberi nomor secara urut. Dalam paper saudara nomornya diletakkan di belakang argument saudara. Kadang-kadang catatan kaki diletakkan di belakang paper, tetapi kerjakan hal ini apabila dosen saudara memintanya karena ini sulit dibaca. Dalam catatan kaki, judul buku harus dibawahi dan nama pengarang, tanggal dan tempat penerbitan dan no halaman harus ditulis.
Setiap paper saudara harus mempunyai bibliogafi. Bibliografi ini harus berisi buku yang saudara sebut pada paper saudara. Bibliografi ini seharusnya juga berisi tentang bacaan-bacaan lain yang relevan yang telah saudara gunakan dalam menyiapkan paper saudara.
Bibliografi haruslah ditulis seperti ini;
· Nama pengarang ditulis menurut abjad dengan nama buku harus digaris bawahi.
· Tanggal atau tahun penerbitan, nama penerbit, dan tempat penerbitan ditulis dibelakang judul buku.
Adapun contohnya sebagai berikut;
· Guree Hermann. Agriculture Physics. Oxford University Press. London. 2007.
· Srimulyani Shanty. Modern Physics. Yale University Press. New Haven. 2009.
. Dan seterusnya.
8. Point-point yang berguna.
a) Rencana paper saudara, baik pada ujian ataupun dilain waktu, tulislah outline paper saudara sebelum saudara menulis paper. Apabila saudara mengikuti outline tersebut di atas saudara akan dapat menulis ide-ide saudara dengan jelas.
b) Apabila mungkin ketikalah paper saudara dengan ± 250 kata atau 25 baris pada setiap halaman. Ketikan haruslah menggunakan spasi double dan catatan kaki haruslah single spaced. Sebuah garis dibuat antara tubuh paper dan catatan kaki.
c) Serahkan paper saudara pada waktunya. Paper yang terlambat akan membuat dosen marah dan saudara akan kehilangan nilai.
d) Apabila paper saudara penting buatlah tembusan kalu-kalu yang asli hilang.
e) Apabila saudara tidak yakin tentang paper saudara dari apa yang diharapakan dosen saudara, datanglah pada dosen saudara untuk meminta penjelasan.
9. Ringkasan.
Dalam bagian terkhir ini, saudara meringkas paper saudara. Pentinglah disini untuk menuliskan kembali point-point pokok dari argument saudara supaya pembaca saudara memilikiide yang jelas tentang apa isi paper saudara. Jingan lupa menulis ringkasan ini – ini adalah bagian penting dari paper saudara, dan member kerangka yang logis pada paper saudara.
Arit penting dalam bab Pendahuluan, pendekatan permasalahan, factor pendukung, factor penhambat, dalam suatu masalah yang terbatas waktu pembuatannya ( biasanya 1-2 hari) perlu dikemukakan secara ringkas.
9. ringkasan

Komentar

  1. Casino, Login, and Rewards - drmcd
    Play 보령 출장마사지 casino online with casino rewards! Get a bonus 부천 출장마사지 code for no deposit, match, and 상주 출장샵 play 시흥 출장안마 on your favorite slots and table games from Deposit bonus: 100% up to $50Deposit bonus: 100% 제주 출장샵 up to $500

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal & Penyelesaian Rekonsiliasi Bank

contoh jadwal kegiatan study tour

TEKNIK PENYUSUNAN KARANGAN ILMIAH